Rabu, 28 November 2012

PENGEMBANGAN KURIKULUM SD


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Pelaksanaan pendidikan di Negara kita dalam perencanaan dan pengembangan kurikulum peran guru sebagai pelaksana kurikulum (curriculum implementer). Ada tim khusus yang dibentuk secara nasional untuk mengembangkan kurikulum tersebut. Tugas guru dalam hal ini adalah bagaimana agar kurikulum yang telah dikembangkan tersebut bisa sampai kepada para peserta didik di sekolah melalui kegiatan pembelajaran. Namun demikian, apa yang dilakukan para guru tersebut pada hakikatnya bisa disebut sebagai kegiatan pengembangan kurikulum secara actual atau nyata. Gurulah sebenarnya yang menjadi penentu utamaapakah kurikulum tersebut bisa dilaksanakan dan berhasil dicapai atau tidak.
Dalam melaksanakan kurikulum sekolah dasar guru perlu memperhatikan beberapa pedoman agar lebih terarah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional. Pedoman-pedoman tersebut pada dasarnya merupakan produk atau hasil pengembangan kurikulum secara makro yang telah dirumuskan oleh tim pengembang kurikulumdengan mempertimbangkan   berbagai aspek.

B.  Rumusan Masalah
  1. Apa Produk Pengembangan Kurikulum?
  2. Bagaimanakah Program Pembelajaran?
  3. Bagaimanakah Rangkuman produk Pengembangan Kurikulum SD?

B.  Tujuan Pembahasan
  1. Mengetahui Produk Pengembangan Kurikulum.
  2. Mengetahui Program Pembelajaran.
  3. Mengetahui Rangkuman produk Pengembangan Kurikulum SD.

BAB II
PEMBAHASAN

A.  Produk Pengembangan Kurikulum
      Beberapa produk pengembangan  kurikulum sekolah dasar itu dalam bentuk landasan, tujuan dan program, garis-garis besar program pengajaran (GBPP) dan pedoman pelaksanaan.
  1. Landasan
Landasan-landasan tersebut pada hakikatnya adalah factor-faktor yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan pada waktu mengembangkan kurikulum lembaga pendidikan. Aspek pokok yang mendasari pengembangan kurikulum, diantaranya: landasan filosofis, psikologis, sosial budaya dan perkembangan ilmu pengetahuan / teknologi. Kurikulum pendidikan dasar disusun dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan ini dirumuskan dalam UU No.2 Tahun 1989 yaitu : Bahwa pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantab dan mandiri serta rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Selain berlandaskan tujuan pendidikan nasional  kurikulum SD harus didasarkan pada  :
   a.  Tahap perkembangan siswa, baik dari segi isi maupun cara penyampaiannya.
   b.  Kesesuaian dengan lingkungan.
   c.  Kesesuain dengan kebutuhan
   d.  Perkembangan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi
       e.  Kurikulum SD menekankan kemampuan dan ketrampilan dasar “Baca – 
Tulis_ Hitung”.
  1. Tujuan dan Program
Dalam pengembangan kurikulum peran  tujuan dan program itu sangat menentukan. kaitannya dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK).
Pusat kurikulum (2002) mengemukakan bahwa tujuan penyelenggaraan SD adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai dasar-dasar karakter, kecakapan, ketrampilan dan pengetahuan yang memadai untuk mengembangkan potensi dirinya secara optimal sehingga memiliki ketahanan dan keberhasilan dalam pendidikan lanjutan dalam kehidupan yang selalu berubah yang sesuai zaman. Dengan demikian penyelenggaraan SD ditujukan untuk :
1.  menanamkan dasar-dasar perilaku berbudi pekerti dan berakhlak mulia.
2.  menumbuhkan dasar-dasar kemahiran membaca, menulis, dan berhitung.
3.  mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif.
4.  menumbuhkan sikap toleran, tanggung jawab, kemandirian dan kecakapan emosional.
5.  memberikan dasar-dasar ketrampilan hidup, kewirausahaan, dan etos kerja.
6.  membentuk rasa cinta terhadap bangsadan tanah air Indonesia.
  1. Garis-garis Besar Program Pengajaran  (GBPP)
GBPP memuat semua komponen minimal kurikulum sebagai rencana tertulis secara umum dalam GBPP terdapat tujuan yang ingin dicapai (tujuan mata pelajaran dan tujuan instruksional) umum, materi atau pokok bahasan yang harus disajikan, proses atau strategi pembelajaran yang digunakan, alat evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan, bahkan terdapat juga distribusi materi dalam catur wulan atau semester kelas. GBPP ini menjadi produk utama dalam pengembangan kurikulum.
  1. Pedoman Pelaksanaaan dan Penilaian
            Pedoman pelaksanaan dan evaluasi merupakan acuan dalam melaksanakan kurikulum dan mengadakan penilaian di sekolah dasar yang mencakup ketentuan mengenai: waktu belajar, system guru, perencanaan kegiatan pembelajaran, bahasa pengantar, system pembelajaran,  bimbingan belajar dan bimbingan karier serta penilaian.

B. Program Pembelajaran
    Pembelajaran di Sekolah Dasar dilaksanakan dalam waktu tertentu yaitu selama enam tahun. Maka apa yang akan dikerjakan dalam pembelajaran tersebut perlu disusun dalam suatu program pembelajaran. Ada program yang mencakup seluruh masa belajar, yaitu enam tahun , namun ada juga yang lebih singkat, yaitu program tahunan, caturwulanan/semester, program mingguan atau program harian. Pembelajaran dewasa ini umumnya guru-guru hanya dituntut untuk menyusun dua macam program pembelajaran yaitu program untuk jangka waktu yang panjang (program caturwulan/semester) dan program untuk jangka waktu yang singkat untuk setiap pokok bahasan (persiapan mengajar).  Kedua program pembelajaran tersebut mengacu kepada GBPP  pada setiap mata pelajaran yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat digambarkan sebagai berikut :
GBPP

PROGRAM CATUR WULAN/ SEMESTER
                                                                               
PERSIAPAN MENGAJAR

PROSES PEMBELAJARAN
                                                                            Gambar 8.1
      Kaitan Program dan Proses Pembelajaran

1.    Analisis Materi Pelajaran
Setelah tujuan pembelajaran khusus dirumuskan dengan jelas langkah berikutnya adalah  penentuan materi pelajaran. Materi pelajaran ini hendaknya membantu tercapainya tujuan dan kebutuhan siswa. kenyataan sering guru menjadikan materi pelajaran sebagai titik tolak dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan mengesampingkan tujuan melaksanakan proses pembelajaran yang akan dicapai, buku teks dijadikan sebagai sumber utama pelajaran. Dalam menganalisis materi pelajaran di sekolah dasar kita perlu mengenal beberapa sifat materi dalam setiap mata pelajaran. Sifat materi bermacam-macam, berupa informasi, konsep, prinsip,ketrampilan dan sikap.
         Sebagai bahan analisis, secara ringkas karakteristik dari masing-masing mata pelajaran termasuk materi pelajaran yang harus diajarakan kepada para siswa sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Dasar Tahun 1994 dan Kurikulum Berbasis Kompetensi.
2.    Program Caturwulan / Semester
Program caturwulan/semester merupakan program yang dilaksanakan pada pereode waktu belajar tertentu yaitu sekitar 3-4 bulan. (Program caturwulan) atau 6 bulan (Program semester). Dengan pereode waktu tersebut siswa setiap akhir caturwulan/semester diharapkan dapat menguasai satu kesatuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan tertentu. Untuk hal tersebut biasanya diadakan kegiatan evaluasi terhadap hasil belajar siswa, misalnya bentuk Tes Prestasi Belajar (TPB),Tes Hasil Belajar (THB).
3.    Persiapan Mengajar
Setelah menyusun Program Caturwulan/Semester, program pembelajaran selanjutnya adalah Program Pembelajaran jangka pendek yang disebut Persiapan Mengajar. Untuk pegangan mengajar jangka pendekseperti program untuk setiap pokok bahasan atau komponen dasa guru harus membuat program pembelajaran yang disebut Persiapan mengajar. Unsur-unsur yang terkandung dalam persiapan menajar menurut kurikulum 1994 meliputi:
a.       Tujuan Pembelajaran (umum dan khusus)
b.      Pokok-pokok materi yang disajikan.
c.       Kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
d.      Media, alat, serta sumber bahan yang digunakan.
e.       Cara evaluasi yang akan ditempuh yang dilengkapi dengan alat evaluasi.
Langkah-langkah umum dalam menyusun Persiapan Mengajar :
1.  a.Perumusan Tujuan Pembelajaran Umum (TPU) atau Kompetensi Dasar.
1  b.Perumusan Tujuan Khusus (TPK) atau Indikator Pencapaian Hasil Belajar.
2.      Perumusan Prosedur dan Alat Evaluasi.
3.      Penentuan Materi /Bahan Ajar
4.      Perumusan Kegiatan Pembelajaran.

Contoh Bentuk Naratif

PERSIAPAN MENGAJAR

Mata Pelajaran               :    ………………………………
Pokok Bahasan              :    ………………………………
Subpokok Bahasan        :    ……………………………….
Kelas/Caturwulan          :    ……………………………….
Waktu                            :    ……………………………….

I.   TUJUAN (Kompetensi)
a.   Tujuan Pembelajaran Umum (TPU) atau Kompetensi Dasar
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
b.  Tujuan Pembelajaran Khusus (TPK) atau Indikator Pencaaian Hasil Belajar.
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
II. MATERI PELAJARAN 
      ……………………………………………………………………………………….
      ……………………………………………………………………………………….
      ……………………………………………………………………………………….
III. KEGIATAN PEMBELAJARAN
       ………………………………………………………………………………
       ………………………………………………………………………………
       ………………………………………………………………………………
IV. ALAT, MEDIA DAN SUMBER
      ………………………………………………………………………………………
     ………………………………………………………………………………..
     ………………………………………………………………………………..
V. EVALUASI
     a. Prosedur                :  Tes Awal/Tes Proses/Tes Akhir
     b. Jenis                     :  Lisan/Tulisan/Tindakan
     c. Bentuk                  :  Tes Objektif/Uraian
     d. Alat Penilaian       :  Soal-soal Tes (biasanya dilampirkan)
     e. Kunci Jawaban     :  (biasanya dilampirkan)

B. Rangkuman Produk Pengembangan Kurikulum SD
 *. Produk pengembangan kurikulum SD secara makro terdiri atas: landasan, tujuan, dan program, garis-garis besar program pengajaran(GBPP) serta pedoman pelaksanaan dan penilaian.
  *. Kurukulum dalam pengembangannya selalu membutuhkan landasan-landasan yang kokoh dan kuat serta didasarkan atas hasil-hasil pemikiran dan penelitian yang mendalam sebab kurikulum pada hakikatnya merupakan rancangan atau program yang menempati posisi/kedudukan sangat strategis dalam keseluruhan kegiatan pendidikan. Kurikulum SD disusun dalam rangkamencapai tujuan pendidikan nasional dan berlandaskan: tahap perkembangan siswa, kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menekankan kemampuan dan ketrampilan dasar “Baca-Tulis-Hitung” yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
*. Tujuan pendidikan menggambarkan kualitas manusia yang diharapkan terbiana dari suatu proses pendidikan. Tujuan Pendidikan dasar adalah memberikan bekal kemampuan dasar kepada peserta didik untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, warga Negara dan anggota umat manusia serta mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti pendidikan menengah. Untuk mencapai tujuan tersebut disusunlah berupa seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Isi kurikulum pendidikan dasar yang tertera dalam Pasal 39 ayat 2 dan 3 , Undang-undang No.2 Tahun 1989 dan Pasal 14 ayat 2 Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 1990.
*. GBPP adalah produk utama pengembangan kurikulum yang memuat semua komponen minimal  kurikulum sebagai rencana tertulis( tujuan yang ingin dicapai, materi/pokok bahasan yang harus disajikan, proses/strategi pembelajaran yang digunakan, alat evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan, distribusi materi dalam caturwulan/semester dan kelas)
*  Pedoman pelaksanaan dan evaluasi merupakan acuan dalam melaksanakan kurikulum dan mengadakan penilaian di sekolah dasar yang mencakup ketentuan mengenai: waktu belajar, system guru, perencanaan kegiatan pembelajaran, bahasa pengantar, system pembelajaran,  bimbingan belajar dan bimbingan karier serta penilaian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar